Pages

Senin, 07 Maret 2011

Brand Cameo

Brand Cameo? Pasti yang terlintas di benak anda adalah seorang artis dalam sebuah frame.Ya!! Hampir benar, namun kali ini yang sedang dalam frame tersebut adalah sebuah 'benda', maksudnya adalah sebuah benda yang sedang dipertunjukan didalam sebuah film, sinetron dan serial tv lainnya. Brand Cameo merupakan sebuah strategi marketing guna menyisipkan sebuah brand  ke dalam film secara halus guna membentuk brand minded kepada penonton yang menyaksikan nya.
Awalnya saya masih sangat awam mengenai sebutan istilah yang tepat untuk produk 'yang numpang tenar' pada sebuah film dan serial TV, saya pun bertanya-tanya berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan yang akan memasukan produk mereka sebagai Brand Cameo di sebuah film?  Dari kerjasama tersebut sebenarnya apa saja keuntungan yang didapat dari kedua belah pihak? Saya pun masih harus mencari tahu mengenai hal ini, namun menurut saya brand cameo bagi perusahaan pembuat produk, hal ini sangat menguntungkan, mengapa demikian? Brand Cameo yang ditampilkan di dalam sebuah film, akan menambah posisi produk mereka menjadi lebih baik, apalagi ditunjang dengan kesuksesan film nya, keuntungan lainnya adalah brand cameo akan masuk ke dalam alam bawah sadar penonton film tersebut tanpa disadari, dampak nya produk tersebut akan menjadi top mind bagi penonton film tersebut.
Untuk tahun 2010 pemenang Brand Cameo adalah Apple dengan meraih ' Brandcameo Award for Overall Product Placement', yaitu berhasil menempatkan produk-produk mereka seperti iPod, iPads atau iMacs - menjadi sekitar 30 persen dari no. 1 film di box office 2010. Ini merupakan penghargaan kedua berturut-turut dari tahun 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar